Welcome

di warung digital Anak Indonesia

Tempat ini adalah wadah bagi mahasiswa, pelajar dan semua yang ingin belajar.
Bersama kita Bisa ! #IndonesiaBisa
Join us

Slider

Ketahanan Nasional Sebagai Geostategi Indonesia

                Setiap Bangsa, dalam rangka mempertahankan eksistensi dan mewujudkan cita-citanya perlu memiliki pemahaman mengenai geo politik dan geostrategi. Geopolitik bangsa Indonesia diterjemahkan dalam konsep wawasan nusantara sedangkan geostrategi bangsa Indonesia dirumuskan dalam konsepsi Ketahanan Nasional.
                Sesuai dengan bagan paradigma ketatanegaraan Negara Republik Indonesia. Ketahanan Nasional dapat dikatakan sebagai konsep geostrateginya bangsa Indonesia diwujudkan melalui kosep Ketahanan Nasional.
                Geostrategi adalah suatu cara atau pendekatan dalam memanfaatkan kondisi lingkungan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi dan tujuan nasional. Ketahanan Nasional sebagai geostrategi bangsa Indonesia memiliki pengertian bahwa konsep Ketahanan Nasional merupakan pendekatan yang digunakan bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan dalam rangka mencapai cita-cita dan tujuan nasionalnya. Ketahanan Nasional sebagai suatu pendekatan merupakan salah satu pengertian konsepsi Ketahanan Nasional itu sendoro.
                Uraian selanjutnya tentang Ketahanan Nasional tersaji dalam urutan bab ini sebagai berikut.
A.      Pengertian Ketahanan Nasional
B.      Perkembangan Konsep Ketahanan Nasional di Indonesia
C.      Unsur-unsur Ketahanan Nasional
D.      Pembelaan Negara
E.       Indonesia dan Perdamaian Dunia


A.      Pengertian Ketahanan Nasional
Terdapat 3(tiga) perspektif atau sudut pandang terhadap konsepsi Ketahanan Nasional. Ketiga perspektif tersebut adalah :
1.       Ketahanan Nasional sebagai kondisi. Perspektif ini melihat Ketahanan Nasional sebagai suatu penggambaran suatu keadaan yang seharusnya dipenuhi. Keadaan atau kondisi ideal demikian memungkinkan suatu Negara memiliki kemampuan mengembangkan kekuatan nasional sehingga mampu menghadapi segala macam ancaman dan gangguan bagi kelangsungan hidup bangsa yang bersangkutan.
2.       Ketahanan Nasional sebagai sebuan pendekatan, strategi, metode, atau cara dalam menjalankan suatu kegiatan, khususnya pembangunan Negara. Sebagai suatu pendekatan, Ketahanan Nasional menggambarkan pendekatan yang integral. Integral dalan arti pendekatan yang mencerminkan segala aspek/sisi baik pada saat membangun maupun pemecahan masalah kehidupan.
Dalam hal pemikiran dan pendekatan menggunakan pemikiran kesisteman
3.       Ketahanan Nasional sebagai doktrin atau konsepsi. Ketahanan Nasional merupakan slah satu konsepsi khas Indonesia yang berupa ajaran konseptual tentang pengaturan bernegara. Focus diarahkan pada upaya menata hubungan antara aspek kesejahteraan dan keamanan dalam arti luas. Sebagai doktrin dasar nasional, konsep Ketahanan Nasional dimasukan dalam GBHN agar setiap masyarakat dan penyelenggara Negara menerima dan menjalankannya.
Berdasar ketiga pengertian ini, kita mengenal 3 wujud atau wajah dari Ketahanan Nasional, yaitu :
1.       Ketahanan sebagai kondisi,
2.       Ketahanan Nasional sebagai metode, dan
3.       Ketahanan Nasional sebagai doktrin (Chaidir Basrie, 2002)

Share this:

ABOUTME

Hello, saya Regan. Selamat datang di dunia digital saya ! semoga semua yang ada disini bisa bermanfaat aamiin

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar