Welcome

di warung digital Anak Indonesia

Tempat ini adalah wadah bagi mahasiswa, pelajar dan semua yang ingin belajar.
Bersama kita Bisa ! #IndonesiaBisa
Join us

Slider

Ketahanan Nasional dalam GHBN

            Konsepsi Ketahanan Nasional untuk pertama kali dimasukan dalam GHBN 1974, yaitu Tap. MPR No IV/MPR/1973. Rumusan Ketahanan Nasional dalam GHBN 1973 sama dengan rumusan ketahanan naasional tahun 1972 dari Lemhanas. Konsep Ketahanan Nasional berikut perumusan yang demikian berlanjut pada GHBN 1978, GHBN 1983, dan GHBN 1988.
        Pada GHBN 1993 terjadi perubahan perumusan mengenai konsep Ketahanan Nasional Ketahanan Nasional dirumuskan sebagai kondisi dinamis yang merupakan intehrasi dari kondisi tiap aspek kehidupan bangsa dan Negara. Pada hakikatnya, Ketahanan Nasional adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa dan Negara.
Perumusan Ketahanan Nasional dalam GHBN 1993 berlanjur pada GHBN 1998. Konsepsi Ketahanan Nasional pada GHBN 1998 adalah rumusan yang terakhir. Pada GHBN 1999, sebagai GHBN terekhir sebab sesudahnya tidak menggunakan GHBN lagi, tidak lagi ditemukan perumusan akan konsepsi Ketahanan Nasional.



        Rumusan Ketahanan Nasional dalam GHBN 1998 adalah sebagai berikut.
a.       Untuk tetap memungkinkan berjalannya pembangunan nasional yang harus selalu menuju ketujuan yang ingin dicapai dan agar dapat secara efektif diletakkan dari hambatan, tantangan, ancaman, dan gangguan yang timbul baik dari luar maupun dari dalam maka pembangunan nasional disesenggarakan melalui pendekatan Ketahanan Nasional yang mencerminkan keterpaduan antara segala aspek kehidupan nasional bangsa secara untuk dan menyeluruh.
b.      Ketahanan Nasional adalah kondisi dinamis yang merupakan integrasi dari kondisi tiap aspek kehidupan bangsa dan Negara. Pada hakikatnya, Ketahanan Nasional adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidup menuju kejayaan bangsa dan Negara. Berhasilnya pembangunan nasional akan meningkatkan Ketahanan Nasional. Selanjutnya Ketahanan Nasional yang tangguh akan mendorong pembangunan nasional.
c.       Ketahanan Nasional meliputi ketahanan ideologi, ketahanan politik, ketahanan ekonomi, ketahanan social budaya, dan ketahanan pertahanan keamanan.

Share this:

ABOUTME

Hello, saya Regan. Selamat datang di dunia digital saya ! semoga semua yang ada disini bisa bermanfaat aamiin

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar